Daerah  

Pangdam IM Tinjau Suaka Marga Satwa Rawa Singkil.

Syafrial

Acehglobal.com – Singkil.

Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P beserta rombongan meninjau kawasan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil di sela-sela Kunjungan Kerjanya (Kunker) ke Wilayah Korem 012/TU Senin (31/7/2023).

Dalam kunjungan kerja itu Pangdam IM didampingi Personil BKSDA, Polisi Kehutanan dan tokoh masyarakat sekitar rawa Singkil. Pada kegiatan tersebut Pangdam IM melakukan peninjauan langsung terhadap upaya konservasi dan pelestarian satwa liar dan flora di kawasan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil yang terletak di Kabupaten Singkil.

Pada kesempatan itu Pangdam IM menyampaikan, pentingnya dalam menjaga kelestarian ekosistem Rawa Singkil yang merupakan habitat bagi berbagai satwa liar yang dilindungi seperti Orang Utan, Buaya, Harimau, Badak dan Gajah, burung Rangkok, yang semuanya itu merupakan  spesies langka dan di prediksi terancam punah.

Pangdam Novi juga menekankan perlunya kepedulian masyarakat setempat dalam melindungi kekayaan alam tersebut secara berkeberlanjutan untuk  kehidupan satwa di kawasan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil.

Pangdam IM juga menyatakan komitmennya dalam mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di wilayah Aceh, khususnya Kabupaten Singkil. TNI akan berperan aktif dalam menjaga keamanan kawasan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil dari ancaman illegal logging atau deforestasi, perburuan liar, dan aktivitas merusak lingkungan lainnya.

Disamping itu Pangdam IM juga berkesempatan untuk melihat secara langsung beberapa kegiatan peningkatan kapasitas dan edukasi masyarakat mengenai pelestarian alam yang diinisiasi oleh pihak Suaka Marga Satwa Rawa Singkil. Program-program tersebut mencakup penyuluhan tentang pentingnya melestarikan lingkungan, pengenalan jenis-jenis satwa liar, dan penguatan kesadaran akan perlunya melindungi flora dan fauna yang ada di wilayah tersebut.

Pangdam IM akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Rawa Singkil dan sekitarnya. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk TNI dan pemerintah daerah, Suaka Marga Satwa Rawa Singkil akan terus menjadi tempat yang aman bagi satwa liar dan tetap menjadi warisan berharga untuk generasi mendatang.

Baca juga   Kodam IM Umumkan 126 Catar TNI Lulus Seleksi Tes TKD.

Kegiatan kunker Pangdam IM turut dihadiri Kapok Sahli Pangdam IM, Danrem 012/TU, Asintel Kasdam IM, Asops Kasdam IM,  Aster Kasdam IM,  Kapendam IM dan Dandeninteldam IM. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *