Pangdam IM Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023 di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh Jum’at (15/12/23).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P mengucapkan  “Selamat  Hari Juang TNI  AD  Ke – 78  Tahun  2023”.

Kasad menyampaikan bahwa, Hari  Juang  TNI  AD  merupakan   momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan  yang telah rela mengorbankan  jiwa dan raganya demi mempertahankan  kemerdekaan  dan kedaulatan   bangsa  Indonesia.

Sebagimana halnya Jenderal Sudirman dengan  keteguhannya dan keberaniannya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa. meski dirinya dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin  pasukan, kata Kasad.

Peringatan Hari Juang  TNI AD Tahun 2023 kali ini mengusung  tema “TNI Bersama Rakyat  Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang  sangat  mendalam,  bahwa  kita  harus terus memperkuat   kemanunggalan TNI AD dan Rakyat, meningkatkan kemampuannya  dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Karena kemanunggalan TNI AD – Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan di era globalisasi  saat ini, dimana kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim  dan potensi konflik sosial.

Kasad juga mengajak untuk bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu  menjadikan  Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif  serta selalu  siap sedia untuk membela keutuhan NKRI, kata Kasad.

Kasad menambahkan, “Kita akan segera memasuki tahun politik 2024. Belajar dari pengalaman  sebelumnya, situasi  di tahun  politik berpotensi  membuka  celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan     pandangan politik yang seringkali  disusupi  oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran”.

Baca juga   Pj Bupati Simeulue Terima Penghargaan UHC Award 2023 Dari Wapres.

Selesai upacara, Pangdam IM berserta para pejabat utama melanjutkan acara pengumuman pemenang lomba Karya Bhakti TNI AD Tahun 2023 yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc yang digelar secara virtual diikuti oleh seluruh jajaran Kodam se-Angkatan Darat.

Upacara peringatan Hari Juang TNI-AD tahun 2023 dihadiri Kasdam IM, Irdam IM, Kapok Sahli Pangdam IM, Para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM, serta para Prajurit dan PNS Kodam IM.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *