Waspada Penipuan Menggunakan Akun Medsos Bank Aceh Palsu.

Syafrial
Said Zainal Arifin. Foto : Dokumen Bank Aceh

Acehglobal.com – Banda Aceh.
Pihak PT Bank Aceh meminta kepada seluruh nasabah untuk waspada terhadap penipuan yang marak menggunakan media sosial mengatasnamakan Bank Aceh, agar nasabah terhindar dari hal yang tidak diharapkan.

Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan PT Bank Aceh Syariah Said Zainal Arifin Senin (10/4/2023) mengatakan, penipuan mengatasnamakan Bank Aceh kembali marak dilakukan dalam beberapa pekan terakhir. “Pelaku menggunakan media instagram dan media sosial lainnya untuk mengajak atau mengarahkan nasabah pengguna Mobile Banking Action untuk melakukan pendaftaran ataupun klik link terhadap layanan fitur Bank Aceh,” kata Said.

Said mengatakan, pelaku menggunakan iming-iming gratis serta sejumlah promo untuk menarik pengguna. Selanjutnya, nasabah akan digiring untuk mengisi data-data penting perbankan nasabah yang mengakibatkan akun Action nasabah akhirnya bisa dikuasai oleh penipu.
“Maraknya penipuan ini kami sinyalir dilakukan oleh sindikat yang terorganisir,” ujar Said.

Untuk itu Said meminta Nasabah agar selalu memperhatikan SMS OTP yang masuk. Jika Aktifitas atau transaksi Itu tidak pernah dilakukan, agar segera laporkan ke kantor Bank Aceh terdekat atau ke layanan call center 1500845.
Said menjelaskan bahwa, kode OTP adalah singkatan dari kode “One Time-Password” atau bisa juga diartikan sebagai kode password yang hanya bersifat sementara dan dapat digunakan satu kali saja.

“Kode One Time-Password umumnya digunakan sebagai password sekali pakai yang ditujukan untuk melakukan proses verifikasi di aplikasi smartphone. Keberadaan OTP bertujuan untuk menghindari tindak kejahatan digital (cyber crime),” ujar Said seraya mengata kan betapa pentingnya menjaga kode OTP.

Selain itu tambah Said, nasabah juga dapat melakukan konfirmasi ke Bank Aceh jika mendapatkan informasi yang bersumber dari pihak lain, sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga   25 Peserta BSI Aceh Muslimpreneur menuju Tahapan Showcase.

Adapun saluran informasi resmi terhadap Bank Aceh dapat di akses melalui Website www.bankaceh.co.id, telefon di nomor (0651) 22966, , Instagram di @bankacehofficial, Youtube: Bank Aceh Official, Twitter: @bankacehsyariah dan Tiktok di @bankaceh_official. Sementara alamat email resmi Bank Aceh adalah divisi.cotary@bankaceh.co.id, ujar Said. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *