UIN Ar-Raniry Terima 7.175 Mahasiswa Baru 2024, Ini Jadwal Pendaftarannya.

Syafrial
Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh : Prof Dr Mujiburrahman MAg.

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada Tahun akademik 2024 menerima sebanyak 7.175 mahasiswa baru melalui berbagai jalur pendaftaran yang tersedia pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan UIN Ar-Raniry secara Mandiri.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg melalui press realesenya Kamis (21/3/2024) menyampaikan itu dalam upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat, dimana UIN Ar-Raniry menerima calon mahasiswa baru melalui 5 jalur pendaftaran yang berbeda.

“Dua jalur dari Kemdikbud yaitu, SNBP dan UTBK-SNBT, serta dua jalur dari Kemenag yaitu, SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Selain itu, juga terdapat satu jalur penerimaan langsung melalui UIN Ar-Raniry sendiri yaitu, Jalur Mandiri atau PMB Lokal”.

Pada saat ini penerimaan melalui Jalur SNBP dan SPAN-PTKIN telah ditutup, Pada Jalur SPAN-PTKIN jumlah peminat mencapai 8.601 orang, jumlah tersebut mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya 2.015 orang.

“untuk selanjutnya, UIN Ar-Raniry akan membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur UTBK-SNBT Kemdikbud mulai tanggal 21 Maret hingga 5 April 2024,” terangnya.

Prof Mujib menyebutkan, pada jalur UTBK-SNBT, UIN Ar-Raniry akan membuka kesempatan untuk 16 program studi yakni, Pendidikan Teknik Elektro, Arsitektur, Bimbingan Konseling, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Ekonomi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Negara, Pendidikan Teknologi Informasi, Psikologi, Kesejahteraan Sosial, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, Biologi, Kimia, Teknologi Informasi, dan Ilmu Hukum.

“Penerimaan melalui Jalur UM-PTKIN akan dibuka pada tanggal 17 April hingga 15 Juni 2024. Informasi terkait jadwal penerimaan mahasiswa melalui Jalur Mandiri UIN Ar-Raniry akan diumumkan dalam waktu yang akan datang,” sebut Prof Mujib.

Prof Mujib menambahkan, pada jalur UM-PTKIN, UIN Ar-Raniry akan membuka kesempatan untuk 29 program studi, antaranya Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Aqidah dan Filsafat Islam, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Sosiologi Agama, Ilmu Hadis, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam.

Baca juga   UIN Ar-Raniry Jemput Mahasiswa KPM Reguler di Bener Meriah.

Selanjutnya, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, Hukum Tata Negara, Perbankan Syariah, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam.

Kemudian, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Biologi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf MA meminta kepada calon mahasiswa baru untuk dapat mengakses website Admisi UIN Ar-Raniry, agar mendapatkan informasi resmi terkait jalur, jadwal dan pilihan program studi yang tersedia di setiap jalur pendaftaran.

“Kami mengajak semua calon mahasiswa untuk tetap terhubung dengan website Admisi UIN Ar-Raniry pada link: ar-raniry.ac.id/admisi guna mendapatkan informasi resmi terkait jalur, jadwal dan pilihan program studi yang tersedia di setiap jalur pendaftaran,” pintanya.

Prof Yasir menambahkan bahwa, dengan kuota penerimaan 7.175 mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024 melalui berbagai jalur pendaftaran, UIN Ar-Raniry terus berkomitmen dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat. Universitas ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengejar impian akademis mereka, ujarnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *