SMAN 15 Adidarma Terapkan Curiculum Merdeka “ Praktek Baik”.

Syafrial
Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Aceh Syarwan Joni saat menyerahkan bantuan kepada pelajar SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh pada peringatan Maulid di SMA setempat Selasa (24/10/2023). Foto : Dok SMAN 15 Adidarma Banda Aceh.

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Perilaku berbuat baik itu harus dilakukan oleh para pelajar tidak mesti hanya di sekolah, namun perilaku baik itu juga harus belajar dan beradaptasi dengan lingkungannya berada. Maka SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh kini menerapkan curiculum merdeka “Praktek Baik”.

Para pelajar harus berperilaku peduli terhadap lingkungan, inilah bagian dari sebuah praktek baik yang kita terapkan, kata kepala SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh Zulfikar, SE. M.si disela-sela peringatan Maulid yang berlangsung di sekolah setempat Selasa (24/10/2023).

Kepala SMA Negeri 15 Adidarma Zulfikar mengatakan, program curiculum merdeka “Praktek baik” ini juga kita harus memadukan sesuatu itu dengan sebuah kearifan lokal, makanya perlu menyesuaikannya dengan lingkungan.

Disamping itu, kita juga terapkan program belajar khusus Tahfid dan Tafsin seperti membaca dan menghafal Al-qur’an sehari dalam seminggu. Ini adalah bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang religius.

Untuk membangun pelajar yang bernuansa religius, tentu kita harus mulai dengan suatu kebiasaan yang kita praktekan sehari-hari yakni, Sapa, Senyum dan Salam. sebagaimana halnya setiap masuk sekolah saat pagi kita sambut dengan pelaksanaan shalat Dzuha terlebih dulu, kemudian juga pada hari Senin hingga Rabu pelajar belajar membaca Al-Qur’an, kata Zulfikar.

Zulfikar yang merupakan Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang menaungi sekitar 20 sekolah di Kota Banda Aceh telah melahirkan dua pelajar terbaik mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di perguruan Tinggi luar Provinsi Aceh.

Kedua pelajar yang mendapat kesempatan mengikuti pendidikan di luar Provinsi Aceh itu yakni, Wais Abdullah di Universitas Negeri Surabaya dan Anjes Wira Yudha di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), kata Zulfikar.

Baca juga   Sambut Ramadhan, Gampong Lheue Blang Lakukan Berbagai Perlombaan.

Zulfikar menambahkan bahwa, Peringatan maulid 1445 H yang dilaksanakan tersebut merupakan agenda tahunan SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh dihadiri Kepala cabang Dinas Pendidikan Aceh Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd, Dewan Pengawas Pembina Dra Dedek, para Alumni, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya.

Peringatan Maulid 1445 H juga turut menyerahkan bantuan berupa sembako kepada siswa/siswi yang kurang secara ekonomi. Disamping itu peringatan Maulid di isi dengan Tausyiah singkat dari ustad H Umar Ismail, S.Ag, ujar Zulfikar. (sya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *