Daerah  

Rungkhom Bu Warnai Penutupan Piasan Aceh Rayeuk 2023.

Syafrial

Acehglobal.com – Jantho. 

Kegiatan Runkhom Bu (Rebut Nasi)  warnai penutupan Piasan Aceh Rayeuk oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S. STP, M.M yang berlangsung di Jantho Sport City (JSC)  Minggu (24/12/2023).

Runkhom Bu adalah kegiatan yang melibatkan para anak Sekolah Menengah Tingkat Petama (SMP) dengan mengambil nasi yang sudah diatur oleh panitia untuk para pelajar berdiri menunggu aba-aba dari panitia.

Kegiatan unik khas budaya Aceh Rayeuk yang diprakarsai Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar itu diikuti oleh para pelajar yang ada di Kecamatan Kota Jantho dalam upaya mendukung Pelestarian Budaya yang hampir tergerus zaman.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MM dalam keterangannya dilokasi mengapresiasi even seni dan budaya yang dilaksanakan itu. ini merupakan sebagai wujud dari komitmen kita bersama untuk melestarikan budaya leluhur, terutama untuk kalangan generasi muda yang kini diserbu oleh budaya global.

Menurut Iswanto, event tersebut layak untuk dilaksanakan secara berkesinambungan, bukan hanya untuk sekadar pelestarian budaya, namun juga untuk ajang silaturrahmi para pelaku seni di Aceh Besar.

“Pemkab Aceh Besar consern untuk mendukung pelestarian budaya indatu di Aceh Besar, sebagai produk dari keluhuran dan kesantunan generasi dalam bingkai syariat Islam”.

Teruslah berkreasi untuk terwujudnya generasi muda Aceh Besar yang tetap mencintai budaya leluhur kita, kata Iswanto.

Sementara Ketua Panitia Piasan Aceh Rayeuk 2023 Bahrul Jamil S.Sos MSi yang juga Kepala Finas Pendisikan dan Kebudayaan Aceh Besar melaporkan bahwa, Piasan Aceh Rayeuk Tahun 2023 menampilkan berbagai kegiatan budaya yakni, Kemah Seniman, Lomba LIkok Pulo antar SMP Se-Aceh Besar, kejuaraan sepakbola Gala Siswa SMP sederajat Se-Aceh Besar, ekspo UMKM hingga  festival kuah beulangong dengan ciri khas Aceh Besar.

Baca juga   Ombudsman Lakukan Diskusi Publik Menyikapi Regulasi PIT

Pria yang akrab disapa BJ itu juga melaporkan bahwa, khusus untuk Gala Siswa, telah dilaksanakan pada Sabtu (23/12/2023) petang, dengan partai final SMP Kota Jantho dan SMP Pulo Aceh. Duel pamungkas itu SMP Kota Jantho akhir meraih posisi juara dengan skor 2-0.

Penutupan piasan Aceh Rayeuk sempat menyedot perhatian masyarakat yang diwarnai dengan peragaan produksi batik khas Aceh Besar dalam bentuk catwalk oleh para Duta Wisata di Aceh Besar yang diinisiasi oleh Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM.

Malam penutupan Puasan Aceh Rayeuk dihadiri warga dari seantero Aceh Besar dan Kota Banda Aceh itu dengan menampilkan acara hiburan rakyat oleh penyanyi lokal Aceh Bergek dengan lagu hitsnya “Boh Hate Gadoh”. (**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *