Daerah  

Pangdam IM Tutup Kegiatan TMMD Ke-118 TA 2023

Syafrial

Acehglobal.com – Lhokseumawe.

Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 TA 2023 wilayah Kodam Iskandar Muda di Desa Teupin Resep Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Jum’at (20/10/2023).

Upacara Penutupan ini petandai berakhirnya Program TMMD Ke-118 yang dilaksanakan secara serentak di 3 Kabupaten dalam wilayah Kodam Iskandar Muda, yaitu di Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara, Kodim 0107/ Aceh Selatan dan Kodim 0118/Subulussalam.

Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P menyampaikan bahwa, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat ini guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah Pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, Terisolasi/Terpencil, Daerah Perbatasan, Pulau-Pulau Terluar dan Daerah Kumuh Perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Mayjen TNI Novi mengatakan,“Selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD Ke-118 ini dibuka pada 20 September 2023 yang lalu, para Prajurit TNI, Anggota Kepolisian, Aparat Pemda serta segenap Komponen Masyarakat telah bekerja keras, guna menyelesaikan program TMMD Ke-118 ini”.

TNI Manunggal Membangun Desa yang diprogramkan dan telah dilaksanakan bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran Fisik maupun Non Fisik dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna mendukung Pembangunan Nasional di bidang Pertahanan Negara, kata Pangdam IM.

Pangdam IM menuturkan bahwa, sejalan dengan tema TMMD Ke-118, “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Untuk itu, Panglima Novi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing, sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita.

Baca juga   Kapolda Aceh Serahkan Bantuan Tiga Unit RLH Kepada Masyarakat Kurang Mampu.

Pangdam IM menambahkan bahwa, kemajuan teknologi serta tantangan bidang Ekonomi dan Sosial Budaya menuntut partisipasi setiap Anak Bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya.

Hal ini dapat dimulai dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/Kota. Kita sebagai Anak Bangsa dan bagian dari Masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerjasama. Ingatlah bahwa Bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah.

Saya selaku Penanggungjawab Keberhasilan Operasi (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama Pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan”,tutup Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya.

Pada penutupan TMMD Ke-118 tersebut juga dilaksanakan Bhakti Sosial berupa pengobatan massal dan pemberian Sembako kepada masyarakat sekitar lokasi pembangunan TMMD. Tidak hanya itu, Panglima juga memberikan batuan untuk Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kegiatan Penutupan TMMD Ke-118 tersebut turut hadir Kapoksahli Pangdam IM, Danrem 011/LW, Asintel Kasdam IM, Kazidam IM, dan Kapendam IM. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *