Pangdam IM Lakukan Penanaman Mangrove Nasional Jajaran TNI Di Seluruh Indonesia.

Syafrial

Acehglobal.com – Aceh Besar.
Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P mengikuti secara Virtual acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia yang berlangsung di Desa Gampong Baro Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Senin Sore (15/5/2023).

Acara yang dipimpin Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E,.,M.M ini dihadiri dan diresmikan oleh Presiden RI bertempat di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Jakarta Utara.

Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P dalam sambutannya menyampaikan, penanaman manggrove yang dilakukan secara serentak ini melibatkan 3 matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU beserta unsur Fokopimda di wilayah masing-masing yang merupakan wujud nyata dalam rangka membantu Pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Panglima mengungkapkan, untuk diketahui bersama bahwa penanaman manggrove ini memecahkan rekor muri tahun 2023 yaitu 1.088.000 bibit manggrove yang akan ditanam di wilayah pesisir di 37 Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk Provinsi Aceh dengan sasaran penanaman manggrove terdapat di 14 Kodim daerah pesisir wilayah Kodam Iskandar Muda. Dimana jumlah total penanaman mangrove di wilayah Kodam Iskandar Muda mencapai 39.900 M² dengan jumlah bibit yang sudah ditanam 48.658 pohon dan jumlah bibit yang akan ditanam sebanyak 61.700 pohon.

Untuk Desa Gampong Baro Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar sebanyak 2 000 pohon dengan luas lahan ± 2 Ha, kata Pangdam Novi.

Penanaman manggrove Nasional secara serentak di seluruh Indonesia ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan daerah hijau.

Sehingga penanaman manggrove selain berpotensi menjadikan daerah resapan air dan pelindung ekosistem flora dan fauna di wilayah pesisir, juga menjadi obyek wisata lingkungan yang menarik”, ujar Pangdam IM.

Baca juga   Ketua PWI Aceh Mohon Hasil Donasi Tim “Aceh Peduli Palestina” Bisa Segera Disalurkan.

“Semoga penanaman manggrove yang kita lakukan hari ini, semakin mewujudkan daerah Aceh yang Asri, Nyaman dan Lestari, termasuk mengantisipasi dampak negatif perubahan iklim”, tutup pangdam IM.

Penanaman manggrove serentak jajaran TNI seluruh Indonesia dihadiri Forkopimda Aceh, PJU Polda Aceh, Pj Walikota Banda Aceh H Bakri Siddiq, Kapolresta Banda Aceh Kombes Fahmi Irwan Ramli, Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Saputra Bustamam, unsur Parpol Sulaiman Abda dan para tamu undangan serta masyarakat sekitar Desa Gampong Baro Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *