Daerah  

Ombudsman Pantau Pelayanan Haji 2023.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh. Ombudsman RI pantau pelaksanaan pelyanan Haji di Asrama Haji Banda Aceh dan Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar Kamis (1/6/2023).

Pemantauan itu sebagai bentuk pengawasan lembaga negara Ombudsman terhadap pelayanan publik.

“Kami melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah haji di Aceh, khususnya di Asrama Haji dan Bandara,” kata Asisten Ombudsman dari KU VII Rezky Septianto dalam keterangannya pada Kamis (1/6/2023) di Banda Aceh.

Rezky Septianto mengatakan, “Berdasarkan pemantauannya, pelayanan ibadah haji tahun ini sangat baik,”.

Pemantauan yang dilakukan pihaknya meliputi pengawasan terhadap proses pembagian dana baitul asyi, pembagian pasport, pelayanan kesehatan, pelayanan asrama, pelayanan menuju bandara dan lainnya.

“Di asrama, kami melihat tempat tidurnya layak, kemudian air bersih juga tersedia dan bagi yang lansia ditempatkan pada kamar bagian bawah,” kata Rezky.

Rezky menambahkan bahwa, pelayanan dapur dan restoran juga baik, selanjutnya untuk pelayanan kesehatan juga sangat baik.

Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dian Rubianty melalui Kepala Bidang Pencegahan Ilyas Isti pada kesempatan itu mengatakan, ada beberapa saran/masukan terhadap perlu adanya perbaikan, tahun ini telah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara ibadah haji Aceh tahun 2023.

“Alhamdulillah ada perbaikan dari saran tahun sebelumnya yang dilakukan oleh penyelenggara haji tahun ini, yaitu ketersediaan bus yang memiliki toilet, sehingga memudahkan jamaah yang berada di dalam bus yang sudah dilakukan immigration clearance”.

“Kita juga melakukan pengecekan di sektor pelayanan kesehatan Alhamdulillah tersediaan obat-obatan aman dan tidak ada yang kadaluarsa,” jelas Ilyas.

“Karena tahun ini merupakan tahun ibadah haji ramah lansia, kita juga mengecek semua proses pelayanan bagi Jamaah Calon Haji (JCH) lansia, dan Alhamdulillah semua jamaah lansia dilayani dengan baik”, kata Ilyas.

Baca juga   Kapolda Aceh Cek Situasi Arus Balik Mudik Gratis Kapal Penyeberangan.

Kami juga ikut melakukan pengawasan sampai ke bandara, kita melihat para jamaah juga mendapat pelayanan sangat baik dari petugas, tutup Ilyas. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *