Daerah  

Kuah Beulangong dan Pawai Budaya Meriahkan PKA-8.

Syafrial
Almuniza Kamal, S.STP, M.Si : Kadisbudpar Aceh.

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar event akbar kebudayaan Aceh yang disebut dengan Pekan KebudayaanAceh Ke-8 Tahun 2023.

Perhelatan 4 Tahunan itu diikuti banyak pihak yang menyajikan berbagai ragam budaya Aceh, tak terkecuali masakan 41 Kuah Beulangong yang di tampilkan di lapanagan Blang Padang Banda Aceh Minggu (5/11/2023).

Masakan kuah beulangon disajikan kepada masyarakat umum yang berkunjung ke Blang Padang yang merupakan salah satu lokasi pelaksanaan event Budaya sekaligus menyaksikan peserta Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 tahun 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal, S.STP. M.Si mengatakan, Kenduri Kuah Beulangong yang dipusatkan di Blang Padang Banda Aceh pada Minggu 5 November 2023 menyiapkan sekitar 41 buah beulangong yang berkisar 5 000-an porsi dibagikan oleh panitia kepada seluruh peserta yang mau menikmatinya.

Sebanyak 41 buah beulangong dimasak di arena PKA Ke-8 Lapangan Blang Padang Banda Aceh yang dibagikan kepada masyarakat umum Minggu (5/11/2023).

Almuniza menyampaikan bahwa, Kenduri Kuah Beulangong yang dimasak secara langsung di Blang Padang itu terbuka untuk umum. Kenduri Kuah Beulangong tersebut merupakan salah satu rangkaian PKA ke-8 disamping kegiatan Pawai Budaya yang diikuti oleh 23 Kabupaten/Kota di Aceh yang terpusat di Museum Tsunami Aceh dilepas oleh Pj Gubernur Aceh bersama Forkopimda.

Almuniza menambahkan, pada sorenya Minggu (5/11/2023) secara simbolis Pj Gubernur Aceh melalui Kadisbudpar Aceh juga melepas kegiatan Ceremony berupa Pawai Kapal Hias dengan start depan Warkop Solong Tepi kali Aceh juga diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota Se-Aceh.

Para peserta pawai kapal hias bakal melewati rute di depan Makodam Iskandar Muda yang disambut oleh Pj Gubernur Aceh, Pangdam IM, Kapolda Aceh serta Forkopimda lainnya. (sya)

Baca juga   Ombudsman Aceh Buka Gerai Pengaduan Untuk Menampung Keluhan Masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *