Daerah  

Ketua DPRK Banda Aceh Hadiri Pengukuhan Asotalam.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar menghadiri upacara pengukuhan pengurus Asosiasi Tuha Peut Kecamatan Kuta Alam (Asotalam) periode 2023-2028 yang berlangsung di Kantor Camat Kuta Alam Banda Aceh Kamis (23/02/2023).

Tuha Peut menjadi peran untuk bersinergi dengan Keuchik dalam upaya menciptakan manajemen Pemerintah Gampong dalam aspek pembangunan yang fundamental.

Ketua DPRK Bamda Aceh Farid Nyak Umar dalam sambutannya mengatakan, dalam sistem Pemerintahan Gampong di era literalisasi saat ini tuha peut menempati posisi yang sangat penting.
Tugas Tuha Peut adalah melakukan pembinaan, pengawasan dan bekerja sama dengan para Keuchik dan Pemerintahan Gampong dalam melaksanakan pembangunan Gampong serta memberikan masukan dalam perumusan kebijakan terhadap Gampong.

Menurut Farid Nyak Umar, ada tiga fungsi yang diemban oleh tuha peut Gampong, yaitu fungsi perumusan dan persetujuan reusam Gampong; fungsi menggali, menampung, dan menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah gampong; dan fungsi pengawasan kinerja pemerintah gampong.

“Tuha peut merupakan lembaga penting dalam Pemerintahan Gampong karena berperan dalam menjembatani hubungan antara Pemerintah Gampong dan masyarakat,” kata Farid Nyak Umar.
Melalui tuha peut kata Farid, masyarakat dapat mengajukan aspirasi dan kebutuhan mereka kepada Pemerintah Gampong.

Sebaliknya, Pemerintah Gampong dapat memberikan masukan dari tuha peut mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Pemeribtah Gampong.

Farid juga berharap agar, pengurus Asotalam yang dilantik dan dikukuhkan untuk betul-betul berperan sebagai lembaga permusyawaratan yang menghimpun dan memperjuangkan aspirasi dan amanah dari masyarakatnya. Selain itu juga dapat mengemban amanah dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

”Kami juga berharap kepada pengurus Asotalam periode 2023-2028 agar bisa menjadi wadah untuk 11 Gampong dalam Kecamatan Kuta Alam dan dapat berkomunikasi dan sharing terhadap isu-isu yang sedang berkembang di Gampong juga Kecamatan,” ucap Ketua DPD PKS Kota Banda Aceh itu.

Baca juga   Mentan Sebut Pangdam IM Merupakan Pangdam Terbaik di Bidang Ketahanan Pangan.

Sementara itu, Ketua Asotalam H. Cut Manyak, menyampaikan bahwa, kehadiran Asotalam merupakan mitra yang ingin membantu dan menyukseskan berbagai program aparatur yang ada di tiap-tiap Gampong di Kecamatan Kuta Alam.

”Apa yang telah direncanakan Keuchik dalam perencanaan APBD-nya kami akan mendukung dan menyukseskan nya agar dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan,” tutur Cut Manyak.

Pengukuhan Asotalam tersebut selain di hadiri Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar turut dihadiri Asisten I Sekda Banda Aceh Bakhtiar, Wakil Ketua DPRK Usman, SE anggota DPRK Aiyub Bukhari, Wakapolresta Banda Aceh, pimpinan OPD, Camat Kuta Alam Arie Januar, para keuchik, Tuha Peut, Imuem Mukiem dan sejumlah tamu undangan lainnya.[**]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *