Warga Tiro Serahkan Senpi Jenis Pistol Sisa Konflik Ke Polisi.

Syafrial

Acehglobal.com – Sigli.

Seorang warga di Kecamatan Tiro Kabupaten Pidie menyerahkan sepucuk senjata api (Senpi) jenis pistol rakitan jenis FN bersama magasin dan 5 butir amunisi peluru ke Polsek Tiro Polres Pidie Senin (13/11/2023) sekira pukul 10.00 WIB.

Senjata api sisa masa konflik itu diserahkan ke petugas Polisi yang diterima oleh Kapolsek Tiro Iptu Zery Irfan, SH, MH yang turut di dampingi Kanit Reskrim Aiptu Jamaluddin di kawasan Glee Cot Beurandeh Jalan Pintosa Kecamatan Tiro Pidie.

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK dalam siaran persnya kepada wartawan membenarkan pada hari senin tanggal 13/11/2023, salah seorang warga Tiro telah menyerahkan satu pucuk senjata api rakitan jenis FN sisa peninggalan masa konflik ke Kapolsek Tiro Iptu Zery Irfan, SH, MH.

Kronologinya, dimana seorang warga Kecamatan Tiro atas keinginannya untuk bertemu dengan Kapolsek Tiro disalah satu warkop yang ada di Kecamatan Tiro. pada saat bertemu, warga tersebut mengatakan ingin menyerahkan satu pucuk senjata api pistol rakitan Jenis FN berikut amunisi seraya memperlihatkan foto dalam hand phonenya kepada Kapolsek Tiro.

Dia mengaku, pistol itu adalah peninggalan masa konflik dulu di Aceh dan sudah lama ditanam dalam kawasan hutan Tiro Kabupaten Pidie, kata Kapolres Asfali.

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK mengatakan bahwa, pihaknya selama ini memang selalu mengimbau masyarakat Kabupaten Pidie, agar bersedia menyerahkan senjata api sisa konflik jika masih ada yang menyimpannya.

Polisi tidak akan menjatuhkan sanksi hukum apapun kepada warga yang bersedia menyerahkannya secara sukarela baik itu senjata api atau pun sejenis bahan peledak. “Bagi yang menyerahkan dijamin tidak akan diproses,” kata Kapolres Asfali.

Baca juga   Pemkab Simeulue Ikut Rakor Pembahasan Inflasi Secara Virtual.

“Setelah diserahkan ke Polisi, senjata api pistol rakitan jenis FN bersama magazennya dan 5 butir amunisi peluru aktif dibawa ke Mapolres Pidie, guna diamankan” kata AKBP Imam Asfali.

“Kita berharap kepada warga yang masih menyimpan, menguasai senjata api atau bahan peledak lainnya supaya menyerahkan kepada Polisi terdekat, pungkas Imam Asfali. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *