UIN Ar-Raniry Teken Perjanjian Kerjasama Dengan ANRI

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) terkait Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Kearsipan di Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

PKS dan momentum peringatan 19 tahun tragedi gempa dan Tsunami Aceh ini ditandatangani oleh Sekretaris Utama ANRI Rini Agustiani SH MAP bersama  Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Saifullah MAg di Kantor Balai Arsip Statis dan Tsunami Bakoy, Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar Rabu (13/12/2023).

Penandatangan itu turut disaksikan Plt Kepala ANRI Drs Imam Gunarto MHum, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg, Deputi IPSK Dr Andi Kasman, Kepala Pusat Pelatihan dan Pelatihan Kearsipan Widarno SH MH, Kepala Biro Umum ANRI Sarip Hidayat, Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami Muhamad Ihwan dan Koordinator Bidang Penyelenggaraan Diklat Dra Arih Murwati.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Saifullah MAg mengatakan, berdasarkan Nota Kesepahaman antara ANRI dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Nomor: KE.00/111/2023 dan Nomor: 14024/Un.08/R/HM.01/12/2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengembangan Kearsipan di lingkungan UIN Ar-Raniry pada momen Peringatan 19 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh.

“Perjanjian Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditanda tangani oleh Kepala ANRI bersama Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 2022 lalu di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh”, kata Saifullah.

Saifullah mengatakan, Perjanjian Kerjasama ini meliputi penyelenggaraan program magang dan praktikum pada lembaga dan fasilitas ANRI, pembentukan program pendidikan vokasi kearsipan, penyelenggaraan lembaga kearsipan perguruan tinggi (university archives) dan implementasi pengelolaan arsip dinamis dan statis berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga   UIN Ar-Raniry Terima Kunjungan SPF Jepang, Bahas Kolaborasi Internasional.

Disamping itu juga pembentukan dan pengembangan sistem data base arsip sejarah dab tsunami, sumber daya manusia kearsipan, penyelenggaraan kajian/telaah/analisis kebijakan kearsipan, penyelenggaraan pengabdian masyarakat kearsipan, pengembangan program Digital Aceh Tsunami Archives (DATA) dan penyelenggaraan Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan Jaringan Kearsipan Nasional.

Sementara Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg menyambut baik perjanjian kerjasama ini sebagai upaya mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi khususnya bidang kearsipan sebagai wujud komitmen bersama UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan ANRI terkait kesepakatan operasional dan pelaksanaan kerja sama lanjutan dari MoU yang telah ditanda tangani dengan ruang lingkup lebih spesifik.

Menurut Mujib, Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang menjadi salah satu daerah rawan bencana, dan tercatat memiliki sejarah kejadian bencana terbesar seperti bencana gempa dan tsunami. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *