Siswi SMAN 10 Farhan Banda Aceh Lolos Program Pertukaran Pelajar ke Jepang.

Syafrial
Karmila Karjina, siswi kelas XI SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh, lolos mengikuti program pertukaran pelajar ke Tokyo, Jepang. Foto: Yarmen Dinamika/SI.

Acehglobal.com – Banda Aceh. Salah seorang siswi kelas XI SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh Kamila Arjina terpilih untuk mengikuti Program Pertukaran Pelajar Asia Youth Leaders ke Tokyo, Jepang.

Program bergengsi ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jemseral SMA sejak 21-22 Mei 2024 yang pemenangnya diumumkan pada 28 Mei 2024.

Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan Dr Anwar MEd dalam keterangannya Kamis (30/5/2024) di Banda Aceh menyatakan kebanggaannya atas prestasi tersebut.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian Kamila dan berharap dia dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengembangkan potensi dirinya serta membawa nama baik sekolah dan Indonesia di kancah internasional,” ujar Anwar.

Menurut Anwar, prestasi Kamila  tidak hanya mengharumkan nama sekolah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berprestasi dan meraih kesempatan belajar di luar negeri.

Anwar menyampaikan bahwa, keberhasilan yang diraih Kamila juga berkat doa dan ketekunan serta bimbingan dari Eridafithri SPd MA TESOL.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi peran Erida dalam membimbing Kamila,” kata Anwar

Erida memang dia minta setiap tahun untuk membimbing siswa yang akan dikirim ke luar negeri seperti tahun lalu lolos pertukaran pelajar ke Australia, dan tahun ini dua orang lulusan melanjutkan kuliah S-1 ke Hong Kong dan Australia melalui Beasiswa Indonesia Maju dari LPDP.

“Ini berkat asuhan tangan dingin beliau,” kata Anwar.

Eridafitri yang merupakan salah seorang guru pembimbing menambahkan, Kamila Ajrina berhasil melewati serangkaian tes seleksi sebelum lolos ke Jepang.

“Karmila harus mengikuti serangkaian tes seperti penulisan esay dan wawancara, hanya kandidat terbaik dari seluruh Indonesia yang terpilih untuk program bergengsi ini,” ungkap Erida.

Baca juga   Kadisdikbud Kota Banda Aceh Tutup Kegiatan FLS2N.

Tujuan Program Asia Youth Leaders ini kata Erida, untuk mengembangkan potensi kepemimpinan siswa di Asia melalui pengalaman internasional.

“Keberangkatan Kamila ke Tokyo akan memberikan kesempatan berharga untuk memperluas wawasan dan pengalaman akademisnya di lingkungan global,” kata Erida.

Erida berharap agar dengan prestasi ini, Kamila dapat menjadi duta sekolah dan bangsa serta menginspirasi siswa lainnya untuk terus berusaha meraih prestasi gemilang. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *