PAS Aceh Gelar Syukuran Akbar, Lakukan Amar Ma’ruf Nahi dan Mungkar dalam Politik Aceh.

Syafrial

Acehglobal.com – Lhokseumawe. Ulama kharismatik Aceh Abuya H. Mawardi Waly menyampaikan bahwa visi besar Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh adalah melakukan perubahan dalam perpolitikan dengan melakukan Amar Ma’ruf Nahi dan Mungkar.

membacakan “peunyata lahee” atau pernyataan kelahiran dan visi besar Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh di hadapan belasan ribu kader, para undangan dan para ulama yang hadir.

Pernyataan ini disampaikannya dalam acara Syukuran Akbar PAS Aceh yang berlangsung di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh di Geudong Kecamatan Samudera Aceh Utara Rabu pagi, (22/2/2023).

Abuya Mawardi Waly yang merupakan Majelis Nasihin PAS Aceh di awal sambutannya mengatakan bahwa, para ulama Ahlussunnah Waljamaah seperti Imam Al-Mawardi menyebutkan bahwa lembaga Al-Imamah (Pemerintahan) adalah pengganti nubuwah dalam hal menjaga agama dan mengatur dunia (Harasatud din wa siyasatud dun-ya).

Oleh karena itu kata Abuya Mawardi, berupaya untuk mewujudkan Pemerintahan yang mencakupi katagori Ahlul Imamah (eksekutif) dan Ahlul Ikhtiar (legislatif) hukumnya adalah wajib secara ijma’.

Oleh karena itu dalam rangka menyahuti kewajiban tersebut kata ulama asal Aceh Selatan ini, merupakan salah satu rekomendasi hasil ijtima’ ulama Aceh dalam Silaturrahmi Ulama Aceh (SUA) pada tanggal 10 November 2021 di Banda Aceh.

Kesimpulan akhir beberapa kali pertemuan setelah itu, para ulama telah menyepakati lahirnya Partai Politik Lokal Aceh yang diberikan nama “Partai Adil Sejahtera Aceh” atau disingkat dengan PAS Aceh.

Seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim mengharapkan ridha dan futuh dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, pada hari ini Rabu Tanggal 22 Februari 2023 kami mengumumkan pendirian Partai Adil Sejahtera Aceh,” ujar Abuya Mawady.

Abiya Mawardi yang merupakan putra dari almarhum Abuya Mudawaly ini juga menegaskan, bahwa visi besar kelahiran PAS Aceh adalah melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar dalam politik Aceh.

Baca juga   HT Ibrahim Minta Masyarakat Kawal Suara Di Seluruh TPS.

“Visi besar partai ini adalah melakukan Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar dalam politik sehingga dengan ini kita dapat mewujudkan model Pemerintahan eksekutif dan legislatif yang adil dan memihak kepada rakyat serta menjaga eksistensi agama,” tegas Abuya.

Abuya Mawardi Waly yang merupakan pimpinan Dayah Darussalam Al Waliyah Aceh Selatan ini menjelaskan, bahwa dengan visi besar ini, maka kita diharapkan agar PAS Aceh yang merupakan buah tangan para ulama kepada ummat ini dapat menjadi Harapan Baru bagi masyarakat Aceh.

“Oleh karena itu, kami mengajak semua elemen masyarakat Aceh untuk bergabung dan berjuang menjaga agama Islam serta mengatur kehidupan dunia (harasatut din wa siyasatut dunya) melalui PAS Aceh ini. Menangkan PAS Aceh di semua tingkatan legislatif maupun eksekutif,” pungkas Abuya Mawardi Waly.

Abuya Mawardi Waly juga mengisahkan latar belakang lahirnya dan visi besar PAS Aceh ini ditandatangani oleh sejumlah ulama kharismatik Aceh seperti Abu Mudi dan belasan ulama lainnya yang merupakan Majelis Nasihin PAS Aceh.

Syukuran Akbar PAS Aceh menghadirkan belasan ribu massa dari kalangan santri dan masyarakat umum lainnya. Dalam acara ini, sambutan juga disampaikan oleh Tgk Muhammad Nur selaku Ketua PAS Aceh Utara, Ketua Umum PAS Aceh Tu Bulqaini, Tu Sop Jeunieb serta Tausyiah oleh Habib Dr. Zainal Abidin Bilfaqih Ketua Biro Dakwah Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Internasional, ujar Abiya Mawardi. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *