Daerah  

Pangdam IM Lepas Komoditas Laut Di Teluk Nibung Dan Pulau Panjang Aceh Singkil.

Syafrial
Pangdam IM Mayjen Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda Ny Iin Novi Helmy Prasetya dan rombongan melepas komunitas laut berupa Tukik jenis Penyu Hijau dan Panen Ikan Kakap Putih di Teluk Nibung, Kabupaten Aceh Singkil Sabtu 27/7/2023. Foto : dokumen Kodam IM

Acehglobal.com – Singkil.

Pangdam IM  Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda Ny Iin Novi Helmy Prasetya beserta rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Aceh Singkil Sabtu ( 29/7/2023).

Dalam Kunker tersebut pangdam IM menyempatkan diri melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka mendukung upaya konservasi dan pelestarian lingkungan dengan melelepas Tukik jenis Penyu Hijau dan Panen Ikan Kakap Putih serta penanaman Terumbu Karang di Teluk Nibung, Kabupaten Aceh Singkil.

Kegiatan tersebut langsung di pimpin oleh Pangdam IM Novi Helmy Prasetya,  turut dihadiri para Pejabat Utama Kodam IM, Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Singkil dan komunitas lokal serta masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan terhadap upaya Kodam IM dalam menjaga keberlanjutan keseimbangan ekosistem laut, pelestarian Penyu dan budi daya Ikan serta komoditas laut lainnya di wilayah Pulau Panjang, Teluk Nibung dan sekitarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya kolaboratif antara TNI, Pemerintah dan masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati yang menjadi aset penting bagi keseimbangan ekologi dan sumber daya bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan ini diharapkan agar masyarakat memiliki kesadaran kolektif dalam melestarikan alam serta untuk meningkatkan animo masyarakat dalam budi daya ikan konsumsi berupa Kakap Putih dan Komoditas Laut lainnya.

Pangdam IM juga berharap agar masyarakat yang ada  di wilayah Aceh Singkil untuk terus berupaya menjaga kelestarian alam serta mendukung upaya konservasi hewan langka seperti Tukik jenis Penyu Hijau yang memiliki habitat di Teluk Nibung.

Disamping itu Pangdam juga menghimbau kepada masyarakat di Aceh Singkil untuk terus membudidayakan ikan Kakap Putih, serta komoditas laut lainnya guna pemenuhan konsumsi dalam penurunan tingkat inflasi dan stunting.

Baca juga   Kasdam IM Pimpin Acara Penutupan Apel Komandan Satuan.

Kunjungannya ini juga untuk memperkuat sinergi antara TNI, Pemerintah daerah dan masyarakat dalam membangun kesadaran tentang pentingnya kelestarian lingkungan dan  budi daya ikan bagi kesejahteraan masyarakat, ujar Pangdam Novi. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *