Daerah  

Konsep Strategis Pangdam IM dalam Program Ketahanan Pangan “I’M Jagong.

Syafrial

Acehglobal.com – Kutacane.

Di sela-sela Kunjungan Kerja ke Kodim 0108/Agara pada Selasa (9/1/2024) Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P menyempatkan diri meninjau lahan jagung yang ada di wilayah Kutacane.

Pangdam IM menyempatkan diri untuk bertemu langsung dengan para petani jagung di wilayah Kutacane di Desa Lawe Deski Kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara.

Pangdam IM juga sempat melakukan temu ramah serta berdiskusi dengan para petani jagung yang ada di Kutacane.

Pada kesempatan itu Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menyampaikan tentang Program Ketahanan Pangan Program I’M Jagong Kodam Iskandar Muda, yang telah masuk pada fase menuju konsep hilirisasi industri Jagung.

Setelah sukses pada fase tanam dan panen perdana, dilanjutkan dengan fase tanam kedua dan pembukaan Balai Diklat Pertanian dan Peternakan I’M Jagong menuju pada tahapan persiapan hilirisasi industri produk jagung.

Luasnya lahan jagung yang ada di wilayah Aceh Tenggara, merupakan suatu potensi luar biasa untuk hilirisasi industri dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan nilai jual dari produk jagung, menjadi pakan dan produk turunan lainnya.

Hilirisasi industri juga akan mendapatkan nilai tambah dan jaminan pasar yang luas. Pada akhirnya tentu saja berdampak positif pada kenaikan ekonomi masyarakat, kata Pangdam.

Proses yang memberikan nilai tambah itu, hilirisasi industri di bidang pertanian otomatis menjadi salah satu kunci kesejahteraan bagi petani, mengingat selama ini petani cenderung menjual produknya secara langsung saat panen, tanpa mengolahnya dulu menjadi produk yang lebih bernilai jual seperti pakan dan produk turunan lainnya, sehingga keuntungan yang diterimanya lebih kecil, jelas Pangdam.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *