Jasa Raharja dan Jasa Marga Gelar Program Safety Riding.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Jasa Raharja dan Jasa Marga (Persero) Tbk gelar program Safety Riding mengajak generasi muda Jawa Timur untuk Budayakan Tertib Berkendara Melalui Program Safety Riding di Graha

Sepuluh November ITS Surabaya pada Sabtu, (9/11//2023).

Jasa Raharja dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali berkolaborasi menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas sebagai implementasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan bertajuk “Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja”.

Acara tersebut dihadiri Menteri BUMN RI Erick Thohir, didampingi Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono, Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur,

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, serta jajaran Direksi Jasa Marga dan Jasa Raharja lainnya. Safety Riding berhasil mengajak sekitar 2.100 peserta yang terdiri dari murid SMA, SMK, MA, dan pesantren dari 24 sekolah yang ada di Kota Surabaya, serta Milenial Jasa Marga dan Jasa Raharja untuk lebih bijak dalam berkendara di jalan raya sehinga aman dan selamat.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya menyampaikan, program ini adalah bentuk komitmen dan sinergitas BUMN dalam mendukung peningkatan edukasi bagi kaum muda di Indonesia serta menjadi langkah strategis dalam upaya sosialisasi keselamatan berlalu lintas. “Kota Surabaya termasuk dalam salah satu Kota dI Indonesia dengan tingkat kecelakaan tertinggi. Selama tahun 2022, Dari 22 ribu kecelakaan, 51 persen kenderaan bermotor dan 37 persennya pelajar,” ucap Erick.

Erick juga menyampaikan, bahwa generasi muda di Indonesia merupakan bonus demografi yang perlu diperhatikan, karena mereka merupakan ujung tombak Indonesia di masa depan. atas dasar itu Erick mengingatkan generasi muda untuk tetap memperhatikan keselamatan selama berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Baca juga   Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Polres Aceh Besar Gelar Kegiatan Bakti Sosial.

Menteri BUMN juga menambahkan, setelah dilaksanakan di berbagai kota, program ini bermanfaat untuk dilanjutkan sekaligus merupakan sarana untuk memperkuat kolaborasi antar BUMN sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat Indonesia.

Selain itu, Safety Riding ini merupakan upaya menjaga komitmen bersama antara Jasa Marga dan Jasa Raharja untuk mendukung tercapainya target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) tahun 2021-2040, terutama dalam rangka menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, program Safety Riding Jasa Marga dan Jasa Raharja di Surabaya ini merupakan rangkaian ketiga dari program Safety Riding yang sebelumnya telah diadakan di Jakarta dan Bandung. “Kami mendukung penuh upaya peningkatan edukasi mengenai tata cara berkendara yang aman dan berkeselamatan karena memang sangat diperlukan bagi anak-anak muda Indonesia, sehingga kami menargetkan acara ini dilaksanakan secara berkelanjutan”.

Semoga seluruh peserta mendapatkan manfaat dan ilmu untuk dapat mengimplementasikan bagaimana cara berkendara yang aman dan selamat baik di jalan tol maupun di jalan umum lainnya, ujar Subakti.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono juga menyampaikan, pentingya program edukasi keselamatan berlalu lintas bagi Generasi muda untuk peningkatan kesadaran dan kepatuhan generasi muda dalam berlalu lintas. Tentunya, ini harus dilakukan secara berkesinambungan dengan berkolaborasi bersama BUMN lain, program ini akan berdampak lebih luas dan efektif, sehingga tujuan akan terciptanya masyarakat yang aman dan tertib bisa terwujud,” ujar Rivan.

Rivan menyampaikan, bahwa mayoritas korban kecelakaan lalu lintas saat ini didominasi oleh usia pelajar dan produktif antara 6-25 tahun dan 26-55 tahun. Oleh karena itu, Rivan mengajak semua pihak untuk bersama-sama mematuhi peraturan yang ada. “Sehingga masyarakat diharapkan betul-betul memahami bagaimana menjaga keselamatan berkendara, agar mereka bisa tetap belajar dan menjadi penerus bangsa,“ tutup Rivan.

Baca juga   Jasa Raharja Serahkan Santunan Korban Laka di Aceh Besar.

Menurut Rivan, masyarakat terutama para pelajar yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias. “Semoga edukasi ini akan memberikan dampak baik, khususnya bagi Jawa Timur, agar para pemuda lebih berhati-hati dalam berkendara. Karena pemuda adalah penerus bangsa,” ungkap Rivan.

Dalam implementasi program TJSL ini Jasa Marga dan Jasa Raharja turut didukung oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), dan BUMN lainnya seperti PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Acara Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja ini menghadirkan sejumlah Bintang Tamu, di antaranya Komika Dono Pradana yang memberikan edukasi dengan konsep stand-up comedy yang menarik dan informatif mengenai praktik berkendara secara aman dan selamat.

Tidak hanya itu, penyanyi wanita Idgitaf juga turut memeriahkan acara ini yang dilengkapi dengan penampilan tarian tradisional dari SMKN 12 Surabaya serta pertunjukan marawis oleh Pondok Pesantren Sunan Giri. Acara Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja juga menampilkan booth pameran untuk mempromosikan inovasi produk dari masing-masing BUMN pendukung dan produk dari beberapa sekolah partisipan. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *