Jasa Raharja Berdayakan keluarga Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Makassar.

Syafrial

Acehglobal.com – Makassar,

Jasa Raharja berdayakan keluarga korban kecelakaan lalulintas di Makassar dengan menggandeng sebuah organisasi dalam memberikan layanan dan dukungan bagi para penyandang cacat di Makassar, Minggu (15/10/2023).

Pemberdayaan keluarga Korban yang mengalami Kecelakaan Lalu Lintas sebagai bentuk melaksanakan program “Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja”.

Rangkaian agenda tersebut dimulai sejak Oktober hingga Desember 2023 dengan kick off pelaksanaannya akan digelar di Max One Hotel, Kota Makassar Sulawesi Selatan pada 15-17 Oktober 2023.

Melalui program tersebut, Jasa Raharja dan Berdaya Bareng melakukan sejumlah Kegiatan diantaranya, pendampingan terhadap korban kecelakaan lalu lintas, pelatihan dengan berkendara aman bagi keluarga korban, serta melakukan pelatihan kepada para penerima manfaat terhadap akses literasi digital dan kewirausahaan.

Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan M Iqbal Hasanuddin menyampaikan, program yang didukung oleh Korlantas Polri dan Polda Sulawesi Selatan itu menyasar 100 penerima manfaat dengan beragam latar belakang.

Di antaranya korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas), pasangan korban laka lantas, anak korban laka lantas, pekerja rentan laka lantas, serta anak pekerja rentan laka lantas.

“Ini adalah untuk mendorong kebiasaan berkendara yang bertanggung jawab dan menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman,” kata Iqbal.

Iqbal mengatakan, selama program berlangsung, para penerima manfaat juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental, safety riding tentang praktik berkendara yang aman, sosialisasi pentingnya menggunakan perlengkapan pelindung saat berkendara dan sosialisasi patuh terhadap peraturan lalu lintas.

Dalam program yang sama, Jasa Raharja juga menggelar workshop digital bagi korban dan anak korban laka lantas. Antara lain terkait peningkatan literasi digital, menciptakan peluang pekerjaan digital, serta kewirausahaan yang membantu perempuan atau pasangan korban laka lantas yang ingin mengembangkan kemampuan usahanya.

Baca juga   Kapolda dan Wakapolda Aceh Jenguk Karo Rena Di RSUZA.

Tujuan dari program tersebut yakni pertama, membantu dalam peningkatan taraf hidup masyarakat yang terdampak kecelakaan lalu lintas sebagai bentuk penuntasan kemiskinan.

Kedua, memastikan kesehatan fisik dan mental tiap individu yang pernah mengalami trauma kecelakaan lalu lintas. Ketiga, mengedukasi 200 pemuda, perempuan, dan anak sebagai korban yang terdampak kecelakaan lalu lintas untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Keempat, menyediakan akses untuk memperoleh pekerjaan yang layak, terutama bagi para disabilitas, serta mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi.

Kelima, meningkatkan kualitas hidup untuk anak dan perempuan, serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja di daerah perkotaan.

Di tempat terpisah, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi menyampaikan bahwa program “Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja” dilatar belakangi fenomena kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang selama tiga tahun berturut-turut mengalami peningkatan signifikan.

“Kecelakaan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari human error, kondisi kendaraan, hingga sarana dan prasana. Kecelakaan lalulintas pun menyebabkan disabilitas dan trauma psikologi bagi korban maupun keluarga korban,” ucap Munadi.

Melalui program “Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja”, Munadi berharap seluruh lapisan masyarakat, khususnya keluarga korban kecelakaan lalu lintas di Makassar, dapat terus survive dan berkembang.

“Tentunya skil dan ilmu yang didapat dari program ini dapat menjadi bekal untuk merajut masa depan yang lebih baik,” ujar Munadi. (sya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *