Dua Penguji UKW Asal Aceh Ikuti Asesmen PWI Pusat.

Syafrial
Dua Wartawan Senior Asal Aceh Aldin Nainggolan (kiri) dan Iranda Novandi (kana) saat mengikuti asesmen PWI Pusat di Jakarta Sabtu (25/11/2023). Dok : Aldin/Iranda.

Acehglobal.com – Jakarta.

Dua wartawan senior yang juga penguji wartawan Nasional asal Aceh Iranda Novandi dan Aldin Nainggolan mengikuti asesmen dari Matahari Consulting di lantai IV gedung PWI jalan Kebun Sirih Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2023).

Dua wartawan yang mengikuti asesmen tersebut adalah Aldin Nainggolan merupakan Penamggung Jawab Waspadaaceh.com yang juga Kabiro Waspada di Aceh dan Iranda Novandi merupakan wartawan Analisa yang kini Pemred Halaman7.com.

PWI Pusat dengan menggandeng Matarai Consulting memotret kecakapan soft skill, mentalitas  dan kecenderungan para penguji berada di grade mana. Apakah ditempatkan sebagai penguji wartawan muda, madya atau utama.

“Seingat saya baru PWI yang melakukan asesmen bagi para pengujinya,” kata Sekjen PWI Pusat Said Iskandarsyah, saat membuka acara.

Setelah tahap ini lanjut dia, ada aturan baru yang dikeluarkan Dewan Pers, bahwa  penguji harus dilakukan penyegaran. ” Kita sudah agendakan untuk penguji PWI,” terangnya.

Untuk penguji UKW PWI, asesmen yang dilaksanakan Sabtu itu adalah gelombang kedua setelah pekan sebelummya melaksanakan asesmen yang dikuti oleh sekitar 50 penguji PWI.

Suasana di gedung PWI dilantai 4 gedung PWI pagi jelang petang kemarin penuh ketegangan. Air conditioning yang terpasang di ruang itu seakan tak mampu mendinginkan suhu tubuh 53 peserta asesmen, lantaran banyak keluar keringat-dingin.

Mereka berkutat  dengan soal-soal yang memeras otak seperti soal deret hitung arit matika, wawancara, Forum Group Discussion (FGD), grafis dan menjawab soal psikologis untuk memotret mentalitas dan kecakapan peserta.

“Alhamdulillh, semua bisa terlewati dengan baik dan akhirnya  Insya Allah, happy ending,” demikian kata Yono Hartono yang merupakan penguji yang bergelar Doktor dari Banten. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *