BPOM Aceh Gelar Aksi Serentak Cegah Stunting.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Banda Aceh (BPOM) Aceh ikut serta dalam pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS) Tahun 2024 pada Sabtu (08/05/2024).

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan instruksi Wakil Presiden Republik Indonesia dalam pencegahan stunting melalui pendataan, pendampingan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi, dan intervensi bagi calon pengantin, ibu hamil, dan balita secara berkelanjutan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala BPOM Aceh Yudi Noviandi dan dilaksanakan di dua lokasi pos pelayanan terpadu (Posyandu) yaitu, Posyandu Mutiara di wilayah Blower dan Posyandu Cempaka di wilayah Peuniti Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Banda Aceh dan diikuti oleh total 38 ibu beserta balitanya, kata Kepala BPOM Aceh Yudi Noviandi.

Yudi mengatakan, Pelaksanaan ISPS ini juga merupakan bentuk nyata dukungan BPOM Aceh terhadap Hari Keamanan Pangan Nasional yang diperingati pada tanggal 7 Juni lalu.

Selama kegiatan, informasi dan edukasi terkait lima kunci meliputi, keamanan pangan, bahan berbahaya yang ditambahkan pada pangan, dan fortifikasi pangan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian paket makanan berupa telur dan garam beryodium yang mengunjungi langsung ke rumah-rumah warga.

Melalui ISPS ini, diharapkan kunjungan dan cakupan sasaran posyandu dapat meningkat, deteksi dini masalah gizi dapat dilakukan, pengetahuan ibu dan calon ibu tentang pencegahan stunting dapat meningkat, serta intervensi segera dapat dilakukan bagi ibu dan anak yang memiliki masalah gizi, ujar Yudi. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *