Daerah  

Aceh Besar Juara I Lomba Hikayat Dalam Semarak PKA 8.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Kontingen lomba mengarang dan baca hikayat Kabupaten Aceh Besar kembali mengukir prestasi gemilang di ajang PKA ke-8 Tahun 2023 yang berlangsung dikomplek Taman Ratu sulthanah Safiatuddin Banda Aceh Jum’at (10/11/2023).

Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar Mariadi, ST, MT merasa bangga seorang seniman Aceh Besar M Nur Lamnga mengarang dan membacakan hikayat yang berjudul “Troh Ban Hajat” yang menceritakan cita-cita seseorang menunaikan haji dengan hasil rempah.

Mariadi menjelaskan, “Trouh Ban Hajat” itu atas kegigihannya sehingga orang tersebut mampu menunaikan haji ke tanah suci Mekkah. Hikayat tersebut menjadi yang terbaik dengan meraih nilai 489.

Dalam Hikayat tersebut “M Nur Lamnga bercerita tentang perjuangan seseorang yang memiliki cita-cita untuk naik haji dengan hasil rempah. Cerita itu dikemas dan disajikan dengan alur dan konten yang baik serta sesuai tema PKA VIII. Sehingga seniman Aceh Besar ini akhirnya terpilih sebagai juara pertama kategori membaca hikayat pada PKA 8,” kata Mariadi di Anjungan Aceh Besar PKA-8, sebagaimana dilansir acehheral.com Sabtu (11/11/2023).

Mariadi yang juga merupakan Ketua Pertunjukan Seni Panggung PKA-8 Aceh Besar mengatakan, M Nur Lamnga merupakan seniman DKA Aceh Besar yang bernaung di bawah bendera Sanggar Seueng Samlakoe yang diketuai seniman terkenal Syeh Medya Hus patut diberikan apresiasi, sehingga mampu memberikan juara kepada kontingen Aceh Besar.

Mariadi yang turut didampingi Sekretaris DKAB Abrar S.Pd mengapresiasikan Pemkab Aceh Besar melalui Disdikbud Aceh Besar yang terus memberikan perhatian kepada para seniman.

“Terimakasih kami khususnya kepada Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MM dan Kadisdikbud Aceh Besar Bahrul Jamil S.Sos M.Si dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada para seniman Aceh Besar untuk tampil memperkuat Aceh Besar pada berbagai lomba di PKA-8 tahun 2023 ini,” ujar Mariadi.

Baca juga   Ombudsman Ingatkan managemen RSUZA Terkait SISRUTE Yang Belum Optimal.

Pada lomba mengarang dan membaca Hikayat semarak PKA-8, dimana Aceh Besar tampil sebagai juara pertama dengan perolehan poin 489, disusul juara 2 Kabupaten Aceh Barat 452 poin, di urutan ketiga Kabupaten Aceh Tamiang 438, sedangkan urutan keempat diisi Kabupaten Aceh Barat Daya dengan poin 380 dan diposisi 5 ada Kabupaten Aceh Utara dengan nilai 350.

Seniman Aceh Besar peserta lomba mengarang dan baca hikayat “M Nur tampil dominan, dari sisi materi dan penyampaiannya M Nur sangat bagus hingga akhirnya dirinya memperoleh nilai tertinggi, ini menjadi tambahan perolehan juara bagi Kabupaten Aceh Besar, mudah-mudahan Aceh Besar mendapatkan juara umum di PKA 8 tahun ini,” harap Mariadi. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *