Tim Pansel KIP Serahkan 15 Nama Ke DPRK Banda Aceh.

Syafrial
Ketua Pansel KIP Kota Banda Aceh Usman Lamreung (baju batik) menyerahkan daftar nama-nama anggota KIP hasil seleksi yang diterima oleh Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh Ramza Harly, SE.

Acehglobal.com – Banda Aceh

Tim Pantia Seleksi merampungkan tahapan akhir seleksi calon anggota komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh untuk masa jabatan tahun 2023—2028. seluruh tahapannya sudah dilalui ditandai dengan sidang pleno yang dilakukan oleh Tim Pansel pada Rabu (7/6/2023) di Hotel Mahoni Neusu Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh.

Ketua Tim Pansel KIP Kota Banda Aceh  Usman Lamreung dalam keterangannya Kamis (8/6/2023) mengatakan, sebelumnya ada 77 peserta yang mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) bertempat di Kampus Unmuha Banda Aceh pada Kamis 18 Mei 2023. kemudian Tim Pansel memilih 30 besar peserta dengan nilai Passing Grade tertinggi untuk mengikuti tahapan selanjutnya berupa tes psikologi, Tes kesehatan, tes baca Al-Qur’an dan tes wawancara.

“Untuk tes psikologi dilakukan oleh lembaga profesional Psikodista, sedangkan untuk tes kesehatan dilakukan di RSUD Meuraxa. Semua berjalan dengan baik tanpa kendala, begitu juga dengan tes baca Al-Qur’an, kita bersyukur karena semua peserta bisa membaca Quran dengan lancar.

Secara umum kata Usman, kondisi para peserta yang mengikuti seleksi dalam sehat-sehat saja, meskipun ada beberapa peserta yang terindikasi punya gejala penyakit degeneratif.  Walaupun masih berupa dugaan indikasi, hal ini menjadi perhatian Tim Pansel yang berkaca dari pengalaman pemilu periode lalu.

“Karena kita tahu pekerjaan ini sangat menguras energi, baik fisik dan psikis, Jadi betul-betul kita pilih yang kondisi kesehatannya baik,” kata Usman.

Tahapan terakhir secara teknis adalah tes wawancara yang dilakukan Tim Pansel untuk menyinkronkan dan mengkolaborasi kembali dengan hasil tes psikologi. Tahapan ini untuk merevie kembali komitmen, wawasan, visi misi, maupun profil peserta. Setelah semua tahapan teknis dilakukan, pihaknya kemudian menyaring kembali ke-30 peserta hingga terpilih menjadi 15 peserta.

Baca juga   Usman Lamreung: Potensi HT Ibrahim Raih Suara pada Pemilu 2024.

“Ke-15 peserta itu sudah fix dan sudah kami plenokan kemarin, selanjutnya kami akan menyerahkan nama-nama tersebut ke Komisi I DPRK Banda Aceh pada Jumat, 9 Juni 2023 untuk selanjutnya dilakukan uji kepatutan dan kelayakan,” kata Usman.

Dari 15 nama-nama tersebut kata Usman, dua di antaranya merupakan perempuan yang jika dilihat dari latar belakangnya juga sangat variatif dan mayoritas berusia muda. Artinya, siapa pun orang yang terpilih nanti mereka sudah betul-betul siap untuk menjadi penyelenggara Pemilu 2024 di Banda Aceh.

Ketua Tim Pansel Usman beserta seluruh komisinernya bersyukur karena pihaknya sudah menyelesaikan seluruh tahapan teknis seleksi komisioner KIP Banda Aceh. Tahun 2023. Sejauh ini tidak ada komplain dari peserta maupun masyarakat terkait hasil seleksi yang mereka lakukan, kata Akademisi Abulyatama Aceh Besar.

 

“Cuma ada satu dari peserta yang bertanya mengapa tidak lolos ke 30 besar, tetapi itu dapat kita jelaskan, bahkan yang banyak umpan balik itu berupa respons untuk peserta,” kata Usman.

Selanjutnya Komisi I DPRK Banda Aceh melakukan fit and propertes untuk menentukan  dan menetapkan lima Komisioner KIP Banda Aceh Tahun 2023 yang kemudian nama-nama tersebut diserahkan ke KPU RI untuk di-SK-kan, ujar Usman.[sya]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *