Siswa SMA Favorit Di Banda Aceh Rebut Tiga Perunggu Pada KSM Tingkat Nasional.

Syafrial
Tiga siswa-siswi sekolah favorit di Banda Aceh disambut dengan pengalungan bunga oleh Kacabdin wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar Syarwan Joni, S. Pd, M. Pd dan Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh Dr Anwar, M. Ed di Bandara SIM Blang Bintang Aceh Besar Jum'at (8/9/2023). Foto : Dok SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh.

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Pendidikan Aceh kini bagaikan harum semerbak setelah para siswa-siswi dari berbagai SMA favorit di Banda Aceh berhasil merebut medali perunggu pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama RI pada 3 – 7 September 2023 di Balai Kota Kendiri, Sulawesi Tengggara.

Siswa-siswa peraih medali perunggu tersebut adalah  Muhammad Ar Rayyan Adha dari SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh [bidang Geografi], Safril Ilmi Ramadhan dari SMA Negeri Modal Bangsa [Bidang Biologi] dan Nisaul Kamila dari  Fatih Bilingual School Putri [Bidang Ekonomi],ketiga siswa tersebut saat ini duduk di jenjang kelas XI.

Para siswa yang kini tersebut kini kembali ke Banda Aceh dari Kendari Sulawesi Tenggara menuju Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar pada Jum’at siang (8/9/2023) di sambut dengan penggalungan bunga oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) untuk Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni, S, Pd., M. Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs Alhudri, M. M, bersama Kepala Kemenag Aceh Drs. Azhari dan Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Dr. Anwar, M. Ed.

Kacabdin Syarwan Joni dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa syukur sekaligus rasa haru atas prestasi yang diraih siswa Aceh melalui persaingan yang sangat kompetitif mengingat KSM Tingkat Nasional ini diikuti oleh siswa dari berbagai Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas(SMA) diseluruh Provinsi di Indonesia.

Syawan menambahkan, prestasi KSM Tingkat Nasional yang diraih oleh ketiga siswa tersebut dengan melawati berbagai jenjang, mulaii dari KSM ditingkat sekolah, Kabupaten/Kota dan provinsi.

Syarwan mengutarakan bahwa, keberhasilan ini tidak terlepas dari keseriusan guru dan dukungan Kadis Pendidikan Aceh juga para Kepala sekolah dalam membina serta mengsupport atas kesungguhan siswa itu sendiri untuk  belajar dalam mempersiapkan diri.

Baca juga   Jakarta Tetap Sebagai Daerah Khusus Meski RI Sudah Pindah Ibukota

Pihaknya juga memantau dalam pembinaan yang dilakukan di sekolah secara kontinyu. “Terimakasih kepada pihak sekolah dan juga Kemenag Aceh yang telah melakukan pembinaan persiapan sebelum ajang kompetisi di tingkat nasional”, ungkap Syarwan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, M. M.

Sebagaimana tertulis dalam Petunjuk Teknis (Teknis) pelaksanaan KSM 2023 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui tema yang diusung pada KSM tahun 2023 ini adalah “Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi”.

Sejalan dengan itu, KSM diharapkan menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang sains bagi para siswa madrasah, baik jenjang MI/SD, MTs/SMP, maupun MA/SMA.

Untuk jenjang sekolah MI/SD terdiri atas dua bidang yaitu Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Untuk jenjang MTs/SMP memperlombakan tiga bidang yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Sementara jenjang MA/SMA diperlombakan 6 bidang studi yang meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi, jelas Syarwan.(sya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *