Daerah  

Polres Aceh Besar Gelar Aoel Pasukan Ops Ketupat Seulawah 2023.

Syafrial

Acehglobal.com – Jantho.
Polres Aceh Besar gelar apel pasukan operasi keutupat 2023 yqng berlangsung di lapangan Mapolres Aceh Besar (17/4/2023).

Apel Gelar Pasukan tersebut berdasarkan STR KAPOLRI NO : STR/229/IV/OPS.1.1/2023 Tanggal 11 April Tentang Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Secara Serentak Pada Tanggal 17 April 2023.

Apel Gelar Pasukan di pimpin oleh Kapolres Aceh Besar AKBP Charlie Syahputra Bustamam, S.I.K, M.H Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S. Stp. M.M, Dandim 0101/AB yang diwakili oleh Pabung Aceh Besar Mayor Inf Isukandar, Kajari Aceh Besar diwakili, Ketua Pengadilan Aceh Besar, Waka Polres Aceh Besar Kompol Muhammad Dahlan, SH, MH, Asisten I bidang Pemerintahan Farhan AP, Kepala Basarnas Aceh Besar (diwakili), Kadis Perhubungan Aceh Besar Azhari SE, Kasat Pol PP dan WH Aceh Besar Muhajir S.STP M.Pa, Kepala BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil S.Sos, Kadispora Aceh Besar, Abdullah S.Sos, Plt Kadinkes Aceh Besar Farhan AP, Kepala Jasa Raharja (diwakili) dan pihak lainnya.

Apel Gelar Pasukan ini Merupakan Bentuk Pengecekan Akhir Kesiapan Pelaksanaan Operasi Ketupat 2023, juga sebagai Wujud Nyata Sinergisitas Polri Dengan Stakeholder Terkait Dalam Rangka Mengamankan Mudik Dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, kata Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam, SIK, MH dalam amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M. Si.

Kapolres menyampaikan, sebagaimana kita Ketahui, bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran Tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Hal itu Berdasarkan Survei Indikator Periode 5 s/d 10 Mei 2022, dimana terdapat 73,8% Masyarakat Merasa puas atas kinerja Pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik Tahun 2022. Penilaian Positif Tersebut Harus Menjadi Pemacu Semangat, Sehingga Pengamanan mudik Tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.

Baca juga   Wakapolda Aceh Pimpin Rapat Terkait Kedatangan Kalemdiklat Polri.

Terlebih Lagi Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 Juta orang pada Tahun 2022, Menjadi 123,8 Juta orang pada Tahun 2023 Aatau meningkat 44,8 %, kata Carlie.

Berkaitan Dengan Hal Tersebut Presiden Joko Widodo Menekankan Bahwa, “Hati-hati”, Tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 Juta ke 123 Juta dari Survei, artinya ada  kenaikan kurang lebih 45 persen, ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”.

Oleh sebab itu, Polri bersama Stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal Melalui Operasi Terpusat Dengan Sandi “ketupat 2023” yang berlangsung selama 14 hari sejak 18 April s/d 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan Kryd Tanggal 10 s/d 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi Tanggal 2 s/d 9 Mei 2023.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 Personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian Terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka Dan Mitra Kamtibmas Lainnya dengan menempati 2.787 Pos.

Demi kelancaran arus mudik dan arus balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, dengan klasifikasi angkutan ang masih diizinkan beroperasi, Seperti Kendaraan Pengangkut BBM, Hantaran Uang, Hewan Ternak, Pupuk dan Bapokting.

Disamping itu operasi Keutupat 2023 adalah untuk menjamin Kamseltibcar Lantas, juga situasi Kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti Patroli pada jam-jam rawan guna untuk mengantisipasi tindak pidana, khusus bagi rumah yang ditinggal pemudik, ujar Kapolres Carlie. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *