Daerah  

Pangdam IM Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan PAM Pemilu 2024.

Syafrial
Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P melakukan pemeriksaan pasukan pada apel pasukan kesiapan PAM Pemilu 2024 di Blang Padang Kota Banda Aceh Kamis (1/2/2024). Foto : Dok Kodam IM.

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P memimpin apel gelar pasukan yang digelar secara serentak dalam rangka kesiapan TNI untuk Pengamanan (PAM) Pemilu 2024 yang dilakukan secara virtual dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh, Kamis pagi (1/2/2024).

Pangdam IM pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, Apel Gelar Pasukan ini adalah sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan-satuan yang ada di wilayah Kodam Iskandar Muda untuk persiapan pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

Apel Gelar Pasukan sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pelengkapan baik Prajurit, Alutsista maupun segenap pendukung lainnya, sehingga sewaktu-waktu dapat digerakkan dan mampu bereaksi dengan sigap dan cepat sesuai permintaan.

“Untuk itu, diharapkan dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024 ini bisa benar-benar disiapkan sebaik mungkin”, harap Pangdam Novi Helmy Prasetya.

“Sinergi TNI, Polri dan Forkopimda adalah landasan utama dalam menjaga kondusifitas wilayah kita. Kolaborasi yang harmonis antar lembaga ini merupakan kunci keberhasilan dalam memastikan lingkungan yang kondusif dan aman bagi seluruh masyarakat di Aceh”, jelas Pangdam.

Pangdam IM mengungkapkan bahwa, Kodam IM beserta seluruh jajarannya akan terus bekerja sama dengan Kepolisian, Forkopimda dan Komponen Bangsa lainnya untuk selalu bersiap diri memberikan dukungan seoptimal mungkin bagi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di seluruh wilayah Provinsi Aceh.

Oleh karena itu, setiap unsur Pengamanan Pemilu, harus senantiasa mengembangkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi, sehingga secara dini selalu dapat mengantisipasi setiap gangguan yang terjadi.

“Mari kita laksanakan seluruh persiapan dengan matang, serta lakukan koordinasi yang efektif dengan pihak-pihak terkait, agar dapat menentukan cara-cara bertindak yang tepat, guna meminimalisir terjadinya konflik yang dapat mengganggu kelancaran Pemilu tahun 2024”, pinta Pangdam.

Baca juga   Bukti Nyata Polantas Polda Aceh Bagi-Bagikan Takjil Berbuka Kepada Pengendara.

Pangdam juga menekankan agar setiap Prajurit Kodam Iskandar Muda memahami betul arti dari netralitas dan menerapkannya dengan baik dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Sikap netralitas TNI sangat penting dalam menjaga integritas serta citra kehormatan TNI AD di mata masyarakat.

Pangdam IM menyampaikan bahwa, seluruh jajaran Kodam IM siap membantu proses distribusi logistik Pemilu ke seluruh wilayah. Kodam IM kini memiliki armada air jenis Boat PE 15 PK, untuk mengangkut logistik Pemilu ke daerah.

Sementara itu Panglima TNI dalam amanatnya secara Vikon menyampaikan bahwa, menjamin Netralitas di seluruh Jajaran TNI dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya memastikan bahwa, TNI akan menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024 sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI dan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” ujarnya.

“Kami juga mengimbau agar kita semua terus bersinergi dalam upaya menjaga stabilitas keamanan saat pemilu 2024 mendatang,” ucapnya.

Acara tersebut turut dihadiri, Kasdam IM, Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, Para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM serta para peserta apel, baik itu Perwira, Bintara dan Tamtama Kodam IM. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *