Daerah  

Kapolda Aceh Minta Bhabinkamtibmas Punya Kemampuan Literasi Yang Baik.

Syafrial

Acehglobal.com – Banda Aceh.

Pesatnya perkembangan sistem teknologi digital saat ini dapat menyebabkan disrupsi informasi di tengah masyarakat, sehingga Bhabinkamtibmas diminta juga harus punya kemampuan literasi yang baik agar dapat memberi penjelasan atas isu-isu yang berkembang.

Bhabinkamtibmas juga harus mampu mencari solusi penyelesaian permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan mampu bekerja sama dengan lembaga eksternal terkait lainnya sesuai dengan kearifan lokal yang berlaku, dan apabila tidak dapat diselesaikan agar dilaporkan kepada pimpinan di atasnya untuk ditindaklanjuti.

“Para Bhabinkamtibmas harus tahu apa itu disrupsi informasi dan punya kemampuan literasi yang baik, agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat jika ada informasi atau isu yang berkembang,” kata Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko, saat membuka kegiatan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas sejajaran Polda Aceh tahun 2024 di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Selasa (23/1/2024).

Kapolda Achmad Kartiko juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada para pengemban fungsi Binmas Polri, khususnya Ditbinmas Polda Aceh dan jajarannya atas kinerja, dedikasi, inovasi dan kreativitas yang diberikan dalam upaya meningkatkan simpatik dan kepercayaan masyarakat kepada Polri dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif di Aceh.

Achmad Kartiko menyebut, pelaksanaan kegiatan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas tersebut mengangkat tema “Dengan Kemampuan Bhabinkamtibmas yang Profesional, Inovatif, dan Kreatif dapat Terwujud Situasi Kamtibmas yang Kondusif serta Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat”.

Kegiatan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas ini kata Kaploda Aceh digelar sesuai keinginan dan permintaan para Bhabin saat dirinya kunjungan kerja ke jajaran agar dibuat pelatihan untuk keseragaman dalam pelaksanaan tugas.

Menurutnya, kondisi Kamtibmas kondusif juga sangat berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat untuk yang lebih baik.

Baca juga   Polda Aceh dan Jajaran Siap Amankan Pilkada Serentak 2024.

Sesuai Perkap nomor 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas, tugas pokoknya melaksanakan “Door to Door System” dengan tujuan menampung semua permasalahan yang terjadi di masyarakat dan tuangkan secara tertulis dalam bentuk laporan untuk diteruskan kepada pimpinan secara berjenjang,” ujarnya.

Alumni Akabri 1991 itu juga mengingatkan, agar Bhabinkamtibmas aktif bersinergi dengan Babinsa dalam kegiatan bersama di lingkungan masyarakat, hal tersebut sebagai wujud sinergisitas TNI-Polri dalam menjaga keamanan di masyarakat.

Selain itu, Bhabinkamtibmas  juga diminta memanfaatkan media sosial dengan bijak dalam mengamplifikasi atau memviralkan kinerja positif Polri guna meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Lulusan Sespimti 2014 itu menekankan agar para peserta menjadikan kegiatan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Aceh ini sebagai sarana untuk memperkuat soliditas dalam mewujudkan peran Bhabinkamtibmas yang humanis dan dicintai ditengah-tengah masyarakat.

Untuk itu para peserta agar serius mengikuti dan mendengarkan seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber baik dari internal Polri maupun eksternal.

Kapolda juga mengingatkan agar Bhabinkamtibmas, umumnya seluruh personel Polri di jajaran Polda Aceh untuk menjaga netralitas pada Pemilu 2024, serta menghindari pelanggaran sekecil apapun.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan humanis, sehingga kehadiran Polri dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Selamat mengikuti kegiatan, semoga menjadi bekal di dalam pelaksanaan tugas,” ucap Achmad Kartiko.

Dalam kegiatan itu, Kapolda Aceh bersama Wakapolda, Irwasda, dan Dirbinmas menyerahkan piagam penghargaan kepada lima pemenang lomba kategori Polsek terbaik, lima Bhabinkamtibmas dan lima Polisi RW terbaik di tingkat Polda dan Polres jajaran dalam rangka mendukung 100 hari kinerja Kapolda Aceh.

Kapolda juga memberikan hadiah khusus berupa umrah kepada tiga Bhabinkamtibmas terbaik. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *